Musim penghujan selalu dikaitkan dengan berbagai penyakit yang menjadi wabah saat datangnya musim tersebut. Salah satu penyakit yang lebih sering terjadi di musim penghujan adalah diare terutama pada anak-anak. Sebetulnya diare dan musim penghujan tak memiliki kaitan secara langsung yang dapat menjelaskan mengapa musim hujan menjadi penyebab diare. Akan tetapi, kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di musim hujan yang seharusnya lebih besar, tidak terealisasi sehingga menciptakan banyak lingkungan menjadi lebih kotor dari biasanya dan menjadi tempat sarang bibit penyakit seperti bakteri dan virus. Inilah yang menjadi penyebab mengapa lebih banyak penyakit terjadi di musim penghujan seperti diare.

Saat anak mengalami diare, frekuensi buang air besar akan bertambah hingga 3 sampai 10 kali lipatnya. Kotoran umumnya lebih lembek hingga cair dan bisa merasa sakit saat buang air. Diare disebabkan karena masuknya bakteri jahat penyebab diare dari mulut akibat kontaminasi makanan yang kurang bersih atau paparan tangan anak yang kurang steril saat makan. Saat anak diare, bisa jadi nafsu makannya menjadi menurun akibat rasa enggan karena takut buang air kembali. Hal ini bisa menyebabkan si kecil dehidrasi dan mengganggu penyerapan zat besi dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Untuk melihat apa saja penyebab dari diare dan cara mencegahnya, Anda bisa membuka link berikut https://www.guesehat.com/penyebab-dan-cara-mencegah-diare. Namun bagi anak yang sudah terkena diare, ada baiknya segera dilakukan penanganan secepat mungkin untuk menghindari terjadinya dehidrasi ataupun gangguan pada penyerapan zat yang dibutuhkan tubuh. jika perlu selama diare, berikan si kecil bubur dan makanan suplemen lainnya untuk menggantikan nutrisi yang hilang karena diare. Bubur akan lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat dijadikan sumber nutrisi. Sedangkan suplemen digunakan untuk menyediakan nutrisi lengkap dengan cara yang praktis.

Untuk informasi lain seputar kesehatan baik untuk anak maupun seluruh anggota keluarga, Anda bisa berlangganan membaca informasi kesehatan di berbagai media termasuk bagaimana caranya memiliki anak cerdas dan sehat. Dengan memiliki bekal pengetahuan kesehatan yang cukup diharapkan akan semakin bisa mengupayakan kesehatan di rumah untuk diri sendiri dan orang di sekitar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *