Bagi Anda yang masih bersekolah atau kuliah, seringkali menerima tugas dalam bentuk kertas. Makalah adalah karya yang ditulis, bersifat keilmuan, dan memuat pembahasan tentang topik tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mskalah didefinisikan dalam dua cara.  Definisi pertama sebagai tulisan resmi mengenai suatu subjek yang dimaksudkan untuk dibaca secara terbuka dalam suatu penelitian dan yang sering disusun untuk publikasi. Yang kedua diartikan sebagai karya tulis siswa atau siswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau universitas.

Namun tidak sedikit siswa yang salah dalam pembuatan dokumen tersebut. Berbagai faktor, seperti kerangka pembahasan yang salah, tata bahasa yang buruk, format halaman yang salah, dan banyak lagi. Salah satu dari kalian sering mengalami kejadian seperti ini kan? Dosenpun pasti malas banget mengecek dokumen makalahnya. Anda tidak perlu khawatir, sekarang kita akan membahas cara membuat makalah yang benar dan juga contohnya.

Cara membuat contoh saran dalam makalah yang baik dan benar

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat Makalah. Berikut ini cara agar anda lebih memahaminya.

1. Tentukan tema

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam menulis makalah adalah menentukan topik yang ingin Anda bahas. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu topik apa yang ingin dan menarik untuk dibahas. Menentukan topik sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dokumen dan proses pemrosesan. Jika memungkinkan, pilih topik yang Anda pahami agar lebih mudah dibahas.

2. Tentukan judulnya

Setelah menentukan topik yang akan dibahas, langkah selanjutnya adalah menentukan judul dokumen yang akan dibuat. Buat judulnya menarik, spesifik, dan jelas. Hal ini agar judul makalah Anda dapat merepresentasikan topik makalah dan penyusunan dokumen hanya berfokus pada topik pembahasan.

3. Kumpulkan bahan referensi

Cari dulu untuk mengumpulkan bahan referensi dan gunakan referensi dari sumber yang jelas untuk membuat makalah . Anda bisa mencari bahan referensi dari berbagai jenis majalah, buku, makalah di Internet. Khusus untuk makalah internet, pastikan sumbernya jelas dan berwibawa ya! Ini untuk menjaga kredibilitas tulisan Anda di atas kertas.

Struktur dalam dokumen

Ada baiknya untuk membuat sebuah sheet, lihat bagaimana struktur sheet tersebut untuk memudahkan penyusunan sheet nantinya.

1. Sampul

Sampul adalah cover dokumen yang memuat judul logo, identitas penulis, tempat dan tahun terbit. Untuk cover sebaiknya menggunakan center alignment agar cover terlihat lebih rapi

2. Kata Pengantar

Kata pengantar juga merupakan bagian yang harus dimiliki dari makalah. Selanjutnya, kata pengantar berfungsi sebagai pengantar hingga para pembaca mendapatkan gambaran umum dari makalah yang sedang Anda tulis. Ini adalah contoh pengantar.

3. Daftar Isi

Daftar isi adalah halaman yang berisi informasi halaman dari isi lembar yang dibuat. Untuk memudahkan pembaca menemukan informasi tertentu, Anda perlu memberikan deskripsi halaman untuk setiap bab dan sub-bab dokumen. Ini adalah contoh ringkasan.

4. Pendahuluan

Pendahuluan biasanya terdiri dari 3 sub bab yaitu konteks, rumusan masalah dan tujuan. Latar belakang harus ditulis dengan jelas dan mudah dipahami, selain memuat jawaban atas pertanyaan, latar juga harus memuat data atau fakta pendukung. Pada bagian rumusan masalah, Anda dapat mengisinya dengan beberapa pertanyaan yang akan Anda jelaskan lebih lanjut pada bagian pembahasan di bawah ini. Dengan sengaja, Anda bisa menuliskannya secara ringkas dan jelas tentang keunggulan makalah yang Anda buat. Berikut adalah contoh konteks, rumusan masalah dan tujuan.

5. Pembahasan

Diskusi adalah bagian terpenting dari artikel. Ini adalah bagian yang berisi deskripsi utama dari masalah yang akan Anda bicarakan. Bagian pembahasan harus sesuai dengan konteks, rumusan masalah dan tujuan yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Biasanya pembahasan meliputi landasan teori uraian materi, solusi dan pemecahan suatu masalah.

6. Penutupan

Bagian penutup biasanya berisi kesimpulan dan rekomendasi. Kesimpulan berisi ringkasan hasil pembahasan artikel Anda. Untuk menulis bagian ini, Anda dapat menarik poin penting dari setiap bagian sebelumnya untuk menarik kesimpulan. Proposal merupakan bagian dari dokumen de

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *