Diera teknologi yang semakin canggih ini, tentu para traveler membawa perlengkapan liburannya serta serangkaian gadget-nya untuk menemani aktivitas berwisatanya. Bagi kalian yang liburan hanya karena sebuah hobi, kamu pastinya akan selalu membawa kamera, charger dan handphone. Namun, untuk traveler professional biasanya turut membawa laptopnya untuk mendukung pekerjaannya selama liburan. Dengan hadirnya gadget di kegiatan liburan kerap sekali membuat para penjahat menjalankan aksinya dengan mengincar gadget bawaan para traveler. Tapi, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena ada beberapa tips cermat untuk menjaga gadget kamu agar tetap aman terlindungi selama liburan. Kemana pun tujuan kamu, jangan lupa terapkan tips-tips berikut ini!

  1. Pakai Aksesoris Berkualitas


Sumber: pinterest.com

Apapun gadget yang kamu pakai, baik itu tablet, kamera, action cam, handphone atau laptop sekalipun tetap harus dilindungi dengan serangkaian aksesoris. Pilihlah aksesoris yang memiliki desain khusus untuk digunakan di kegiatan outdoor. Ketika liburan sudah pasti kamu akan menghadapi sesuatu yang tidak terduga. Bisa saja iPhone 11 kamu terjatuh, laptop terkena benturan atau kamera terkena hujan. Semua hal ini bisa diatasi dengan baik dengan memakai aksesoris berkualitas yang siap melindungi gadget kamu selama liburan.

  1. Nyalakan Fitur Pelacak


Sumber: pinterest.com

Menggunakan aplikasi pelacak saat sedang liburan pastinya akan sangat berguna sekali untuk membantu kamu jika sewaktu-waktu ada kejadian gadget kamu hilang. Dewasa ini sudah banyak berbagai aplikasi yang bisa di instal secara gratis dan ada juga yang sudah dilengkapi oleh pabrik gadget itu sendiri. Ada baiknya lagi kalau aplikasi ini sudah terhubung dengan password di gadget kamu. Jadi, jika ada orang yang ingin mengaktifkan gadget kamu dan mencoba memasukkan password yang ternyata salah. Maka gadget kamu pun akan langsung terkunci, lalu mengaktifkan sinyal lokasi. Dengan begitu, data pribadi yang ada di dalam ponsel pun akan tetap terjaga dan kemungkinan besar gadget kamu bisa kembali ke tanganmu.

  1. Gunakan Passcode atau Password


Sumber: pinterest.com

Saat ini setiap gadget bisa dipasangi password. Kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti tertinggal atau pencurian. Setidaknya data-data penting yang ada di dalam gadget tidak akan terjatuh ke orang yang tidak bertanggung jawab. Terlebih lagi gadget sekarang ini sudah semakin canggih karena dibekali oleh sidik jari dan sensor pemindai wajah. Jadi, jangan lupa aktifkan kedua fitur tersebut saat ingin traveling, ya.

  1. Backup Data


Sumber: pinterest.com

Di dalam gadget pastinya ada data-data penting dimana semua orang tidak ingin kehilangan data penting tersebut, mau itu karena kehilangan atau karena rusak. Apalagi kalau kamu liburan sambil bekerja, data penting seperti foto, video dan dokumen yang sudah dibuat pun bisa hilang dengan sekejap. Untuk mengantisipasi hal ini ada baiknya kamu rutin menjalankan backup data ke hardisk external maupun kei media penyimpanan cloud seperti iCloud, Google Drive, Dropbox ataupun OneDrive.

  1. Simpan Gadget di Tas yang Selalu Dibawa


Sumber: pinterest.com

Salah satu cara yang wajib kamu lakukan dalam melindungi gadget adalah selalu membawanya setiap ingin jalan-jalan ketempat yang kamu kunjungi. Ketika berada di tempat ramai, ada baiknya jangan menyimpan iPhone X kamu di dalam kantong celana karena ini rawan sekali dari tangan-tangan orang jahil. Oleh karenanya, disarankan menggunakan tas khusus yang dirancang untuk menyimpan gadget dengan baik dan aman.

  1. Gunakan Gembok Khusus untuk Tas dan Laptop


Sumber: pinterest.com

Sebagai langkah pencegahan agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian terhadap perlengkapan yang kamu bawa adalah dengan memakai gembok yang dirancang khusus untuk meningkatkan keamanan pada gadget kamu. Misalnya, untuk koper kamu bisa menggunakan gembok kode yang tidak bisa diotak atik oleh si pencuri. Sedangkan untuk laptop mungkin kamu bisa memakai tali baja yang dibekali oleh gembok untuk menjaga laptop kamu dari pencurian.

Saat lagi asyik-asyiknya liburan tentunya kalian tidak ingin ada kejadian seperti pencurian dan kehilangan gadget kesayangan kamu, kan? Untuk itu, sebaiknya kamu mengantisipasinya dengan menerapkan beberapa langkah yang telah kami jelaskan di artikel ini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca semua, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *