Dalam rangka memperingati HUT Ke-59 PT Pertamina (Persero), Pertamina mengadakan berbagai macam kegiatan sosial sebagai tanggung jawab dari PT Pertamina terhadap lingkungan sekitar tempat pertamina beroperasi. Ada 5 kota yang menjadi tujuan utama PT Pertamina dalam melakukan serangkaian kegiatan sosial yang berbasis lingkungan. Kota tersebut salah satunya yaitu kota Cilacap yang merupakan salah satu kota tempat dimana PT Pertamina beroperasi. Mengingat Pertamina banyak melakukan fasilitas operasi baik diareal laut ataupun pantai, sehingga Pertamina merasa perlu bertanggung jawab dan melaksanakan jenis kegiatan yang berbasis lingkungan sekitar perkampungan nelayan. Dalam kegiatan yang diagendakan oleh PT Pertamina ini meliputi kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar pantai dan kampung nelayan yang mempunyai tujuan positif. Tujuan Pertamina mengadakan jenis kegiatan sosial yang berbasis lingkungan ini adalah karena melihat banyaknya kesadaran masyarakat yang masih kurang akan kebersihan lingkungan sekitar laut mereka.

Serta tujuan lainnya yaitu untuk memberikan edukasi kepada warga masyarakat kampung nelayan agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan sekitar yaitu dengan rutin melaksanaka kegiatan bersih-bersih. PT Pertamina merasa bertanggung jawab untuk ikut dalam mengembangkan dan memberdayakan masyarakat nelayan disekitar tempat mereka beroperasi tidak hanya di Cilacap namun di kota lain tempat PT Pertamina beroperasi. Sebanyak 4000 orang turut terlibat dalam aksi ini, namun di kota Cilacap sendiri terdapat 1000 orang yang mengikuti aksi ini dengan dipimpin oleh menteri BUMN Rini Soemarno dan didampingi oleh direktur utama Pertamina serta jajaran direksi perusahaan BUMN yang berulang tahun tepatnya di bulan November dan Desember. Program pemberdayaan dan pembersihan kampung nelayan ini juga merupakan rangkaian program kegiatan BUMN hadir untuk negeri. Kegiatan sosial ini juga dihadiri oleh perusahaan perusahaan BUMN yang turut ikut berpartisipasi diantaranya Pertamina, Pelindo, Pusri, Telkom, Antara, BNI, BRI dan PT Inti.

Aksi sosial yang berbasis lingkungan ini diharapkan mampu memberikan hasil yang positif yakni mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar pesisir salah satunya Cilacap, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Program BUMN hadir untuk negeri merupakan salah satu langkah kecildengan semangat yang besar untuk dapat menciptakan poros maritim di Indonesia. Program ini juga tentunya sangat diharapkan dapat menekan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pesisir. Menurut direktur utama PT Pertamina Dwi Sutjipto dalam kegiatan pemberdayaan dan pembersihan kampung nelayan ini juga akan disalurkan bantuan CSR dan PKBL dalam bentuk beasiswa, sarana tangkap ikan, bibit mangrove, sarana pembersihan dan pengolahan sampah, perbaikan sarana infrastruktur, pembangunan mushola, pengolahan rumput laut dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan adanya kegiatan bazar dan juga berbagai macam lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *