Pengertian floaters adalah kondisi dimana cairan vitreus pada mata mengalami penurunan kekentalan sehingga menyebabkan gangguan penglihatan. Pada umumnya Floaters disebabkan oleh pertambahan usia, selain itu penyebab lainnya adalah kecelakaan yang melukai mata hingga migrain.

Cairan vitreus merupakan cairan yang berada diantara kornea dan retina mata. Cairan ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk bola mata, seiring bertambahnya usia, tingkat kekentalan pada cairan ini juga berkurang dan akan mulai muncul sisa-sisa kotoran yang menggenang. Kotoran-kotoran menggenang ini yang kemudian disebut sebagai Floaters.

Gejala Floaters

Biasanya, Floaters tidak menimbulkan rasa sakit namun tetap mengganggu penglihatan. Penderita Floaters akan melihat bintik-bintik atau benang halus pada mata dan mengikuti penglihatan dalam beberapa waktu. Gejala ini terbilang sangat umum dan tidak berbahaya.

Namun jika gejala bintik-bintik dan benang halus mulai berubah bentuk (lebih besar), melihat kilatan cahaya, kehilangan penglihatan pada bagian tepi mata, buram hingga mengalami rasa sakit pada mata setiap kali melihat disarankan untuk sesegera mungkin mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Penyebab terjadinya Floaters

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, pengertian floaters adalah kondisi dimana terjadi gangguan pada mata yang disebabkan oleh menurunnya kekentalan pada cairan vitreus. Selain faktor bertambahnya usia, kondisi floaters juga bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  • Usia. Seiring bertambahnya usia, kondisi cairan vitreus yang menjaga bentuk bola mata akan mengalami penurunan kekentalan dan mengkerut sehingga bola mata akan ikut tertarik. Saat cairan vitreus bertambah padat dan mengental, sisa-sisa kotoran (yang disebut sebagai floaters) akan terlepas dan menyebabkan adanya gangguan pada penglihatan.
  • Terjadi pendarahan pada mata. Pendarahan ini terjadi pada cairan vitreus yang diakibatkan oleh adanya trauma langsung pada mata ataupun pendarahan pada pembuluh darah di dalam mata. Trauma ini bisa diakibatkan oleh benturan maupun penyakit tertentu seperti diabetes.
  • Peradangan di bagian belakang mata. Kondisi peradangan ini biasanya juga disebut dengan istilah uveitis posterior. Lapisan uvea yang berada pada bagian belakang mata mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi sehingga terjadilah gangguan mata ini.
  • Retina yang robek. Pada saat cairan vitreus menggumpal dan mengkerut sehingga menarik bagian depan mata termasuk retina memungkinkan terjadinya robekan pada retina jika gaya penarikannya cukup kuat. Jika retina robek dan tidak segera dilakukan tindakan penanggulangan, kondisi terburuk setelahnya adalah resiko kebutaan permanen pada mata.

Pengobatan pada penderita floaters

Sebenarnya kondisi floaters tidak harus diobati secara khusus karena akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika Anda merasa terganggu dengan kondisi ini, Anda bisa melakukan beberapa pengobatan yang direkomendasikan di bawah ini:

Yang pertama adalah terapi laser. Penanganan ini dilakukan oleh dokter dengan menggunakan laser khusus untuk menghancurkan floaters pada mata. Laser ini akan menghancurkan floaters menjadi bagian yang lebih kecil sehingga tidak mengganggu penglihatan. Dokter harus sangat berhati-hati saat melakukan proses ini karena jika laser salah diarahkan akan merusak retina.

Cara lainnya adalah dengan melakukan vitrektomi. Jika terapi laser tidak cukup membantu, Anda bisa melakukan metode vitrektomi dengan cara operasi. Pada metode ini, dokter akan mengangkat badan kaca serta kotoran-kotoran yang mengganggu penglihatan tersebut dan menggantinya dengan cairan garam steril.

Untuk metode ini, Anda disarankan untuk terlebih dahulu melakukan sesi konsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mengetahui langkah-langkah tindakan operasi, resiko dan juga efek samping dari metode yang satu ini.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian floaters, gejala, penyebab dan pengobatan pada penderita gangguan mata floaters. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *