Image result for Ophiuchus

Mungkin selama ini total bintang dalam ramalan zodiak yang kita ketahui adalah berjumlah 12 buah, mulai dari Aquarius sampai dengan Sagittarius. Namun ternyata menurut penelitian terbaru, masih ada satu rasi bintang lain yang tersisa dan kemudian manjadi zodiac ke-13 yang dinamakan Ophiuchus.

Ophiuchus adalah rasi bintang yang namanya diambil dari mitologi Yunani kuno dengan artian sebagai penjinak ular. Jadi dapat dikatakan secara kasar bahwa Ophiuchus adalah Si Penjinak Ular. Letak dari Ophiuchus berada sedikit di konstelasi rasi Serphens atau ular, Anguila dan Hercules yang berada di tengah-tengah Galaksi Bimasakti.

Sebenarnya, menurut sejarahnya, Ophiuchus ini sudah diketahui sejak abad ke-2 oleh seorang astronom bernama Ptolemy yang mana awalnya dikenal dengan nama Serpentarius atau Anguitenens. Pertautan antara bintang demi bintang yang dikenal dengna nama Ophiuchus ini secara rekaan digambarkan seperti seorang tua sedang memegang dan berusaha menjinakkan seekor ular besar.

Ophiuchus ini dimasukkan ke dalam jajaran zodiak karena merupakan salah satu dari 12 rasi bintang lainnya yang melintasi ekliptika dan oleh karenanya, banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa sangat tepat jika menjadikannya sebagai zodiak ke-13.

Dan dalam ilmu astrologi Barat, konstelasi Ophiuchus sendiri menempati bagian yang dimiliki oleh Sagittarius, yaitu antara tanggal 29 November sampai 18 Desember. Sagittarius sendiri diketahui sebagai zodiak yang ‘menjaga’ tanggal 23 November sampai 21 Desember.

Uniknya, walaupun dikatakan sebagai zodiak ke-13, namun ketika harus dimasukkan ke dalam 4 elemen yang menjadi pembagi antar-zodiak yang ada, justru sampai sekarang ini belum diketahui Ophiuchus masuk kateori yang mana.

Seperti yang diketahui, dari 12 zodiak yang ada sebelumnya dibagi dalam 4 kategori berdasarkan sifatnya, yaitu earth (bumi/tanah), air (udara), water (air) dan fire (api). Ke-12 zodiak yang ada telah dibagi menurut sifat dan perannya masing-masing, namun Ophiuchus ini tidak memiliki dasar jelas untuk dimasukkan ke dalam kategori tertentu.

Oleh karenanya, menurut banyak astrolog yang ikut membahas masalah Ophiuchus ini akhirnya berkesepakatan walaupun belum secara final untuk menentukan bahwa zodiak ke-13 tersebut bebas untuk dimasukkan dalam kategori yang mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *