Bagi masyarakat yang tengah membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan cepat, maka agaknya produk KTA kurang cocok untuk dijadikan sebagai pilihan atau alternatif pinjaman. Anda bisa mencari alternatif pinjaman yang lainnya yaitu kredit multiguna ataupun juga tempat penggadaian sertifikat rumah. Karena pada dasarnya pinjaman berbasis kredit multiguna ini sendiri menawarkan pinjaman dengan jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan kredit tanpa agunan biasa. Menyesuaikan dengan barang yang diagunkan tersebut.

Dalam perkembangannya sendiri di Indonesia memang ada semakin banyak diantara lembaga pembiayaan semacam ini. Bukan tanpa alasan, karena memang kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi. Ditambah lagi dengan adanya wabah virus Corona yang menyerang, maka membuat kondisi ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah juga jadi semakin terpuruk. Lembaga pembiayaan semacam inilah yang biasanya akan mereka tuju untuk mendapatkan pinjaman bermodal barang yang memiliki nilai untuk digadaikan.

Hanya saja kembali lagi faktanya tidak semua lembaga pembiayaan juga aman atau terpercaya, berbagai macam resiko bisa saja terjadi jika seandainya Anda salah di dalam memilih lembaga semacam ini. Resiko kehilangan barang yang digadaikan, bunga tinggi yang sangat memberatkan sampai dengan barang gadai yang disita oleh perusahaan pembiayaan. Untuk itu sebelumnya kenali terlebih dahulu ciri-ciri dari tempat penggadaian yang legal atau aman berikut ini, yaitu:

  1. Sudah terdaftar OJK, dengan sudah terdaftar oleh OJK maka perusahaan tersebut sudah memenuhi kriteria keamanan yang memang telah dijadikan sebagai standard oleh Otoritas Jasa Keuangan, selain itu dalam prosedurnya mereka juga sudah diawasi. Berbeda dengan perusahaan yang belum terdaftar OJK maka mereka bisa dikatakan ilegal, sehingga cara kerjanya tidak jelas dan kebanyakan merugikan debitur.
  2. Bunga kecil, perhatikan juga berapa besarnya bunga yang dibandrolkan oleh lembaga tersebut, karena faktanya semakin besar maka artinya semakin membebankan nasabah. Lembaga yang terpercaya menerapkan bunga yang bersaing atau sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, yaitu 0,05 persen perharinya atau 1,5 persen perbulan, tidak lebih dari itu.
  3. Barang yang dapat digadaikan ke lembaga tersebut juga beragam, artinya perusahaan pembiayaan ini tak hanya mematok satu jenis barang yang dapat digadaikan misalnya adalah sertifikat rumah saja ataupun BPKB kendaraan saja, melainkan bisa juga perhiasan, peralatan elektronik dan sejenisnya, sebagaimana lembaga penggadaian pada umumnya.
  4. Barang yang digadaikan sudah dijamin dengan asuransi, sehingga nantinya barang tersebut terjamin keamanannya. Jadi jika seandainya nanti terjadi masalah seperti barang hilang ataupun juga rusak, maka pihak perusahaan tersebut nantinya mau ganti rugi atau ada uang pertanggungjawaban yang berasal dari asuransi.
  5. Memiliki jasa taksir yang sudah tersertifikasi, tidak sembarangan orang dapat menaksir harga barang tersebut. Untuk itulah lembaga gadai yang terpercaya biasanya sudah memiliki jasa khusus yang sudah tersertifikasi, sehingga mereka juga bisa menaksir harga barang secara obyektif dan memberikan nilai yang tidak merugikan masyarakat, karena sudah sesuai dengan harga pasarannya.

Itulah diantaranya langkah-langkah mudah untuk mengetahui tempat penggadaian sertifikat rumah yang memang sudah terpercaya. Karena di Indonesia sendiri ada banyak sekali sehingga Anda tentu tidak bisa asal pilih. Ingat bahwa keamanan dari barang berharga yaitu sertifikat rumah tersebut yang Anda jadikan sebagai taruhan, jika seandainya mempercayakan kepada lembaga yang tidak tepat. Apalagi di Indonesia sekarang ini marah tempat gadai ilegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *