Generasi merupakan sebuah sebuah kondisi atau situasi, dimana setiap individu memiliki pengalaman hidup yang berbeda-beda. Disamping itu, generasi juga merupakan sebuah gambaran tentang siapa diri kita dalam melihat kehidupan dunia secara individu. Pada dasarnya, setiap generasi memiliki kepercayaan nilai, perspektif, budaya, minat, sesuatu yang tidak disukai, dan sesuatu pekerjaan yang disukainya. Untuk membedakan setiap generasi ke generasi lainnya, maka muncullah istilah generasi X, generasi Y, dan generasi Z. Nah, untuk mengetahui tentang perbedaan dari ketiga generasi tersebut, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Gen X

Gen X ini sering disebut dengan istilah 1 th Generation atau Baby Bust. Dengan kata lain, tidak ada tahun kelahiran tepat yang mendapatkan persetujuan secara universal. Yang lebih tepatnya lagi, Gen X ini adalah yang lahir di akhir 1960an hingga awal 1980an. Istilah gen X ini pertama kali di gunakan oleh seorang fotograper asal Hungaria, yang kemudian dipopulerkan oleh seorang penulis novel yang bernama Douglas. Menurutnya, gen X ini merupakan orang-orang yang mampu memecahkan masalah rumit, serta sangat piawai dalam memanajemen waktu.

  1. Gen Y

Gen Y juga lebih dikenal dengan sebutan Milenial Generation, Generation Next, Net Gen, dan Echo Boomers. Gen Y ini adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1977 sampai 1997. Istilah gen Y itu  sendiri mulai dipopulerkan oleh seorang penulis terkenal yang bernama Neil dan William. Generasi ini lahir dan tumbuh ditengah lingkungan teknologi yang sedang mengalami perkembangan. Bahkan, generasi Y ini sudah menikmati perkembangan teknologi komunikasi seperti ponsel, internet, Sms, email, Yahoo Messenger, dan sebagainya. Ketika anak generasi Y sudah remaja, mereka juga sudah menikmati media sosial seperti MySpace, Friendster, Facebook, Twitter, hingga game online.

  1. Gen Z

Gen Z  atau yang sering disebut dengan iGeneration, memiliki persamaan dengan Gen Y. ya, persamaan kedua generasi tersebut adalah sama-sama sudah menikmati perkembangan teknologi gadget. Akan tetapi, Gen Z lebih mudah lagi dalam menikmati dunia internet seperti layanan 4G yang. Gen Z adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1998 sampai 2010.

Demikianlah ulasan singkat mengenai perbedaan generasi manusia ke generasi manusia lainnya. Dari ketiga generasi tersebut, anda sendiri termasuk generasi yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *