Handphone Android sekarang ini sudah menjadi pemandangan biasa di masyarakat. Nyaris tak ada orang yang tak menggunakan ponsel dengan basis operating system (OS) yang satu ini, yang termasuk OS fleksibel dan gampang untuk diotak-atik. Berbagai vendor berlomba untuk membuat smartphone dengan fitur yang semakin kaya dan canggih, membuat orang yang melihatnya menjadi tergoda untuk membeli lagi meskipun ponsel lamanya masih berfungsi. Apalagi harga HP Android terbaru sekarang ini juga makin murah.

Tak hanya murah saja, namun ponsel-ponsel Android modern ini juga telah memiliki fitur yang sangat lengkap. Jika beberapa tahun yang lalu Anda harus berusaha cukup keras untuk mencari ponsel seharga Rp2 juta yang memiliki RAM 4GB misalnya, sekarang smartphone semacam ini sudah makin tersebar ke mana-mana. Baik dari kamera maupun dari prosesor, semua telah berkembang, membuat ponsel Android ini benar-benar menjadi komputer mini yang lengkap.

Ponsel Android sendiri sekarang ini memiliki range harga yang berbeda-beda. Anda akan menemukan bahwa di pasaran, harga HP Android terbaru biasanya memiliki range seperti berikut ini:

  • Di bawah Rp1 jutaan, adalah ponsel Android yang biasanya dibuat oleh produsen lokal maupun dari Tiongkok. Termasuk low end dan entry Memiliki fitur dasar seperti kamera dan memori yang cukup besar, tapi secara keseluruhan memiliki layar yang tak terlalu bagus dan prosesor yang lemah.
  • Harga Rp1-2 jutaan, adalah ponsel Android yang sudah mulai menunjukkan “taring” nya. Anda akan menemukan di kisaran harga ini, ponsel yang sudah menggunakan jaringan 4G, memiliki kamera cukup bagus, RAM 1-2GB, dan juga prosesor kelas menengah.
  • Harga Rp2-4 jutaan, merupakan ponsel Android yang sudah sangat lengkap dalam soal fitur, dan paling seimbang antara kualitas dan harga. RAM 2-3GB, memori besar, kamera mantap, layar yang jernih, prosesor kuat, dan tampilan yang menarik.
  • Harga Rp5 jutaan ke atas adalah harga ponsel high end. Semua fitur terbaru dan paling canggih ada di ponsel ini, dan Anda akan dimanjakan dengan terobosan teknologi baru seperti VR, OS paling baru, RAM 4GB dengan memori 64GB lebih, kamera paling jernih, dan banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin membeli ponsel Android, mencari tahu apa yang Anda butuhkan dari ponsel adalah hal yang paling penting. Tanpanya, Anda akan menyesal ketika membeli karena tak sesuai dengan ekspektasi, baik itu terlalu rendah atau terlalu tinggi. Mengetahui kebutuhan Anda dan menyiapkan budget yang cukup adalah kunci dari membeli ponsel yang paling pas.

Berbicara tentang membeli ponsel, Anda yang hendak melakukannya sebaiknya menyiapkan hal berikut, selain budget dan juga mempelajari kebutuhan Anda:

  • Carilah merk alternatif yang terkenal dengan harga dan kualitas yang seimbang. Sering kali, merk-merk terkenal memiliki harga lebih mahal karena biaya promonya yang besar.
  • Selalu pastikan Anda membeli di vendor asli atau di distributor resmi. Dengan demikian, Anda tak akan mendapatkan ponsel dengan merk palsu.
  • Pastikan bahwa semua aksesoris dan fitur yang dijanjikan ponsel tersebut lengkap. Periksalah ketika Anda sudah membelinya untuk mengkonfirmasi nya.

Dengan harga HP terbaru yang semakin murah, pilihan Anda akan semakin beragam dan juga ironisnya, makin sulit memilih. Makanya, jika sudah tiba saatnya untuk Anda membeli ponsel baru, sebaiknya Anda sudah melakukan riset yang cukup mendalam, sehingga mengetahui merk apa dan jenis ponsel bagaimana yang Anda inginkan. Anda pun akan terhindar dari kerugian dan penyesalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *