Image result for Hamil Ektopik? Ini Faktor Penyebabnya

Penyebab hamil di luar kandungan atau ektopik adalah sel telur yang dibuahi menempel di tempat di luar rahim. Sebagian besar kasus kehamilan di luar kandungan terjadi di tuba falopi atau saluran telur. Karena saluran telur tidak dirancang untuk ditanami embrio, maka kehamilan ini tidak bisa dilanjutkan. Dalam beberapa kasus harus dioperasi.

Mengapa bisa sel telur menempel di luar kandungan? Anda perlu ketahui hamil di luar kandungan bisa disebabkan bermacam-macam faktor. Misalnya:

  • Ada infeksi atau inflamasi di saluran telur. Ini bisa menyebabkan sebagian saluran atau keseluruhan saluran telur terblokir atau terhalangi. Sehingga telur tidak bisa turun ke rahim.
  • Ada bekas luka akibat infeksi yang pernah terjadi sebelumnya atau akibat prosedur operasi yang pernah dilakukan.
  • Pernah dilakukan operasi di bagian lain di daerah panggul, sehingga menyebabkan pelekatan saluran telur.
  • Pertumbuhan abnormal saluran telur sehingga menyebabkan ketidaknormalan saluran telur.
  • Hamil pada usia 35-44 tahun juga bisa menjadi salah satu faktor.
  • Aborsi induksi.
  • Mengalami endometriosis.
  • Pernah mengonsumsi obat-obatan penyubur atau program bayi tabung.

Apa saja gejala kehamilan di luar kandungan?

Rasa sakit yang luar biasa yang sekejap datang, sekejap pergi dan intensitasnya bervariasi. Rasa sakit ini bisa menyerang bagian panggul, perut, dan menjalar hingga ke bahu dan leher, karena biasanya terdapat perdarahan dari saluran telur yang robek akibat menempelnya embrio di sana sehingga  menjalar hingga bagian bawah diafragma.

Pendarahan vagina juga terjadi. Bisa pendarahan berat atau lebih ringan dari menstruasi bulanan. Juga, ibu hamil yang mengalami hamil di luar kandungan bisa merasakan gejala gangguan pencernaan, lemah, pusing dan bahkan pingsan. Apabila mengalami gejala-gejala tersebut, ibu hamil harus segera dicek dengan Aplikasi kehamilan ke rumah sakit dan dilakukan tindakan.

Untuk kehamilan di luar kandungan yang terdeteksi dini, dokter biasanya akan meresepkan Methotrexate, agar tubuh bisa menyerap kembali jaringan kehamilan dan menyelamatkan tuba falopi. Namun, jika saluran falopi ini sudah meregang dan robek serta mulai ada pendarahan, maka sebagian atau seluruh saluran akan dibuang. Pendarahan harus dihentikan segera, dan diperlukan tindakan operasi, entah laparoskopi atau laparotomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *