Jika ada seseorang yang menyebut kata Ganool, apa yang terlintas dalam benak Anda? Situs Online? Film? Bajakan? Domain? Dan yang lainnya? Ya, Ganool merupakan sebuah situs online yang menyediakan film-film bajakan untuk Anda download secara gratis. Tentu saja situs ini merupakan kesukaan dari orang-orang yang gemar menonton film tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memenuhi hasratnya tersebut. Akan tetapi, disamping itu semua, Ganool merupakan sebuah situs ilegal yang tidak memiliki izin dari pemerintah untuk menyebarluaskan sebuah karya film. Itulah mengapa jika situs online Ganool ini sering diblokir oleh pemerintah Indonesia lewat kominfo. Akan tetapi, pihak Ganool memiliki ide untuk mensiasatinya. Ide tersebut berupa mengganti domain yang telah diblokir tersebut dengan domain yang baru.

Ganool ibarat buah simalakama. Disatu sisi ia memberikan kebahagiaan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan film gratis, akan tetapi disisi lain ia telah melanggar hak cipta sebuah karya seseorang. Oleh karena itulah, ada beberapa pelajaran yang dapat kita teladani dari kasus situs online Ganool ini.
Melanggar hak cipta merupakan sebuah perbuatan yang tidak baik

Seperti yang kita ketahui bersama, tujuan hidup seseorang adalah menghasilkan sebuah karya. Hal ini memiliki manfaat akan adanya sesuatu yang dikenang atau diingat oleh orang lain terhadap diri kita. Menghasilkan sebuah karya bukanlah sesuatu hal yang mudah. Membutuhkan kerja keras, semangat, dan keringat yang tidak sedikit. Untuk itulah, setiap karya-karya yang telah dihasilkan, haruslah diberikan apresiasi dan dihargai oleh orang lain. Dengan menghargai karya orang lain, maka karya Anda juga akan dihargai oleh orang lain.
Pantang menyerah dan memiliki ide kratif

Disisi lain, walaupun Ganool melakukan sebuah kesalahan, akan tetapi pihak Ganool juga tetap ingin atau pantang menyerah ketika memberikan yang terbaik kepada pengunjungnya. Hal ini berupa layanan film yang lebih lengkap dan memuaskan. Ganool juga memiliki ide kreatif untuk mensiasati hukuman yang ia dapatkan dari pelanggaran hak cipta tersebut, yaitu dengan cara mengganti domain yang telah diblokir dengan domain yang baru.

Setiap kejadian pasti memiliki pesan yang dapat dipetik. Begitu juga dengan masalah situs Ganool ini. Ganool berbuat sebuah kesalahan, tetapi ia juga mensiasatinya dengan cerdik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *