Lainnya

Cara Merawat Kemeja Batik Tulis

Kemeja batik tulis merupakan salah satu trend fashion masa kini. Seperti yang sudah kita tau, batik tulis adalah salah satu jenis batik yang memiliki kualitas paling bagus diantara batik lainnya. Tentunya, para penggemar batik jenis ini akan menjaga dengan baik agar kualitas kemeja batik tulis yang dimilikinya bertahan lama. Tetapi biasa jadi tidak semua penggemar kemeja batik tulis mengetahui cara merawat batik tulis dengan benar. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan diulas mengenai beberapa cara merawar batik tulis kesayangan anda:

  1. Saat mencuci kemeja batik tulis, gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran. Atau, cuci kain batik dengan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan shampo di air sampai tak ada bagian yang mengental. Lalu, celupkan kain batik. Mencuci kemeja batik juga bisa dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah diredam air hangat. Caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai mengeluarkan busa, lalu tambahkan air secukupnya, dan siap untuk mencuci batik. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak kain. Jangan pakai deterjen dan jangan digosok. Jika kemeja batik benar-benar kotor, bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Sebaiknya, jangan mencuci batik dengan mesin cuci.
  2. Saat akan menjemur kemeja batik, tidak perlu diperas. Dan usahakan untuk tidak menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemur saja di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering. Saat menjemurnya, tarik bagian tepi kemeja batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.
  3. Jika sudah dijemur, hindari menyetrika kemeja batik secara langsung. Jika batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika. Bila ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada kemeja batik tulis, jangan semprotkan langsung pada kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu batik tulis dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran. Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kemeja batik, terutama batik sutera dengan pewarna alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *