Semua rencana bisnis harus menyertakan analisis pasar yang mengidentifikasi target pasar dan memberikan informasi tentang pesaing. Investor perlu melihat bagaimana perusahaan Anda menghasilkan uang di pasar saat ini, jadi penting untuk menunjukkan apa yang membedakan Anda dari orang lain. Untuk melakukan analisis pasar yang baik, Anda harus melakukan penelitian yang luas dan mungkin menyewa konsultan riset. Riset pasar mencari informasi yang dapat membantu Anda memasarkan bisnis Anda secara efektif. Tuliskan apa yang tidak Anda ketahui tentang basis pelanggan potensial.

Anda mungkin perlu mengetahui jumlah rumah di daerah yang dipilih atau jumlah orang yang tinggal di kota. Informasi ini biasanya tersedia untuk umum. Cobalah untuk mencari informasi di Biro Pusat Statistik atau kantor pemerintah setempat. Jika Anda aktif di media sosial, Anda dapat melihat statistik demografis. Perhatikan siapa yang Anda ikuti dan catat umur, jenis kelamin, dan lokasi mereka. Anda memerlukan informasi pasar dasar, seperti ukuran dan tren terbaru. Pertimbangkan untuk menghubungi asosiasi industri untuk mencari informasi tentang hubungan industri saat ini. Anda juga dapat mencari informasi ini di internet. Asosiasi biasanya menerbitkan studi atau penelitian lain.

Pasar saat ini belum tentu target pasar Anda. Misalnya, mesin pemotong rumput Anda hanya dapat bekerja secara lokal, tetapi Anda berharap dapat mengembangkan perusahaan taman kawasan. Namun, Anda bisa mendapatkan informasi penting dari pelanggan yang sudah ada. Anda dapat meminta mereka untuk mengisi survei melalui email. Atau cetak survei dan kirimkan dengan tanda terima yang Anda berikan kepada mereka. Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana atau Anda mungkin tidak menemukan informasi yang relevan setelah pencarian yang cermat. Pertimbangkan untuk mempekerjakan orang yang dapat melakukan riset pasar. Orang ini dapat menyimpan statistik dan melakukan survei pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *