Bagaimana cara bayar pajak online? Sebagai warga negara yang baik pastinya Anda tidak ingin telat membayar kewajiban ke negara. Hal ini dikarenakan selain menghitung, melaporkan, membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap orang yang berpenghasilan di Indonesia. Baik penghasilan yang diperoleh dari gaji maupun hasil usaha. Dimana Direktorat Jenderal Pajak sebagai pemegang otoritas pajak negara telah menyediakan akses pelaporan pajak secara online, melalui aplikasi e-Billing.

Fitur ini diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran pajak. Hal ini sebagai upaya untuk menyempurnakan sistem administrasi perpajakan di Indonesia. Untuk mendorong semua masyarakat agar lebih taat pajak dengan berbagai layanan dan prosedur yang mudah tersebut. Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membayar pajak melalui aplikasi DJP. Sebaiknya langsung saja simak ulasannya pada paragraf berikut ini.

Bayar Pajak Dengan Aplikasi DJP

Seperti yang diketahui sekarang membayar pajak dapat dilakukan secara online, namun kebanyakan masyarakat belum mengetahui caranya. Mungkin Anda baru pertama kali melaporkan SPT melalui e-filling. Kemudian belum mengetahui bagaimana cara melakukan registrasi agar Anda memiliki akun DJP online, untuk melakukan pelaporan SPT secara online. Maka dari itu langsung saja simak beberapa cara membayar pajak online berikut ini.

  • Membuat EFIN dan Mengaktifkannya

Langkah pertama membayar pajak melalui aplikasi DJP adalah membuat EFIN dan mengaktifkannya. Dengan cara melengkapi dokumen Anda, lalu membawa formulir permohonan EFIN dan dokumen tersebut ke KPP terdekat. Di sini Anda akan mendapatkan nomor EFIN, kemudian aktivasi EFIN melalui situs DJP klik login dengan memasukkan nomor NPWP. Selanjutnya ketikkan nomor EFIN Anda pada kolom yang sudah tersedia, lanjutkan dengan memasukkan kode keamanan. Tunggu hingga Anda menerima email konfirmasi, lalu ganti password sesuai keinginan. Setelah itu EFIN harus diaktifkan dalam waktu 30 hari, jika tidak segera diaktivasi EFIN akan hangus dan Anda harus mengajukan permohonan ulang.

  • Registrasi Akun di Situs DJP Online

Untuk langkah kedua membayar pajak melalui aplikasi DJP yaitu langsung login ke akun DJP online Anda. Caranya dengan membuka situs resmi Ditjen Pajak, lalu login di sisi kanan atas laman, masukkan nomor NPWP Anda. Kemudian ketikkan password yang sudah Anda buat sebelumnya klik login, jika sudah lakukan pelaporan SPT secara online melalui e-filling.

  • Lapor Pajak dan Unggah SPT Melalui DJP Online

Langkah terakhir bayar pajak secara online yaitu lapor pajak dan unggah SPT melalui DJP online. Dengan membuka website DJP online. Klik login di halaman beranda, selanjutnya akan ada petunjuk untuk menentukan jenis formulir SPT. Apabila Anda sudah mengetahui jenis formulir yang harus diisi, maka download form tersebut.

Kemudian isi formulir tersebut dengan mengikuti panduan tertulis yang sudah tersedia. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email. Lanjutkan dengan klik kirim SPT, lalu secara otomatis data akan tersimpan di sistem DJP online. Jika proses sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan tanda terima yang dikirim melalui email sebagai bukti sudah melapor dan membayar pajak.

Setelah mengetahui cara bayar pajak online melalui aplikasi DJP pastinya sekarang Anda bisa membayar pajak tepat pada waktunya. Agar lebih mudah langsung saja download aplikasi BukuKas untuk mempercepat menghitung keuangan bisnis Anda, sebelum melaporkan dan membayar pajak. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk mengatur keuangan Anda baik untuk bisnis maupun keuangan pribadi. Dengan menggunakan aplikasi ini, aktivitas pencatatan keuangan akan lebih cepat dan efisien. Bagaimana? Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini, unduh sekarang juga di Google Play Store!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *