Memiliki gigi yang putih cemerlang adalah menjadi dambaan setiap orang. Pasalnya tampilan gigi yang baik akan menunjang penampilan secara maksimal. Dengan memiliki barisan gigi yang putih bersih maka pastinya akan menunjang penampilan dan senyum juga akan semakin menawan. Tetapi sayangnya warna gigi yang putih cemerlang akan semakin berkurang seiring dengan semakin bertambahnya usia. Selain itu juga berubahnya warna gigi ini dikarenakan asupan makanan tertentu. Ada banyak cara untuk memutihkan gigi dan salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami seperti kunyit.

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat. Kunyit yang berwarna kuning cerah ini dapat mempercantik warna sebuah makanan. Selain itu juga kandungan bahan aktof kurkumin yang ada didalam kunyit dipercaya dapat mengobati peradangan dan juga meredakan nyeri. Dan bahkan untuk memutihkan kulit juga kita bisa menggunakan kunyit. Bubuk kunyit sebanyak 1 sdm mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, mangan, zat besi, dan juga Vitamin C. Lengkapnya kandungan nutrisi didalam kunyit ini menjadikan bahan alami ini populer digunakan sebagai obat obatan herbal.

Sebuah studi menunjukkan jika kandungan kurkumin didalam kunyit akan mampu membersihkan plak dan juga bakteri dan juga akan meringankan peradangan yang sebanding dengan obat kumur tradisional. Kemudian studi lainnya menemukan jika sifat antimikroba dan antikanker yang ada didalam kunyit akan meredakan gigi nyeri akibat terjadinya periodontitis dan akan menurunkan resiko kanker mulut. Beberapa penelitian juga membandingkan antara keampuhan kunyit dengan soda kue dan juga arang aktif yang akan dapat memutihkan gigi.

Penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi ini mungkin lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan arang yang memiliki sifat lebih abrasive. Tetapi meski begitu tidak semua orang akan aman menggunakan bahan kunyit terlebih bagi mereka yang memiliki alergi. Tetapi alangkah baiknya jika penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi ini bukan dijadikan pilihan yang utama.

Ada beberapa cara memutihkan gigi yang bisa dilakukan dengan menggunakan kunyit. Berikut beberapa cara penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi diantaranya yaitu :

  1. Menambahkan Bubuk Kunyit Pada Saat Menggosok Gigi

Bubuk kunyit dituangkan sedikit saja kedalam setetes ekstra daun mint pada sebuah wadah. Kemudian sikat gigi dibasahi dengan menggunakan air lalu sikat gigi dicelupkan pada wadah yang berisi campuran kunyit. Kemudian gosokkan pada gigi dan diamkan selama 5 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih dan gigi digosok dengan menggunakan pasta gigi.

  1. Kunyit Dibuat Pasta Gigi

Kita juga bisa menjadikan kunyit ini sebagai pasta dengan cara mencampurkan bubuk kunyit sebanyak ΒΌ sdt dengan minyak kelapa cair sebanyak 1/8 sdt lalu diaduk hingga menjadi pasta. Kemudian pasta digosokkan pada gigi dan setelah itu berkumur dengan menggunakan air hingga bersih. Setelah itu gigi digosok kembali dengan menggunakan pasta gigi biasa. Jika merasa kerepotan membuat ramuan ini maka pilihlah produk pasta gigi yang mengandung tambahan kurkumin.

  1. Kunyit Dibuat Bubuk Pemutih Gigi

Selain dengan membuat pasta gigi sendiri dari bahan kunyit, maka kita bisa langsung dengan membeli bubuk pemutih gigi yang terbuat dari bahan kunyit. Cara penggunaannya sama saja yaitu dengan menambahkan bubuk kunyit pada pasta gigi.

Itulah beberapa cara penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi. Memutihkan gigi dengan menggunakan kunyit ini pastinya akan menjadi cara aman karena tidak mengandung zat kimia sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *