Saat jerawat muncul, pasti yang dirasakan ; Panik! Kesel! Sebek! dan buru buru di pencet atau diobati dengan cara yang asal dan tidak benar. Padahal, cara yang kita gunakan juga berpengaruh pada kondisi jerawat itu sendiri. Bisa semakin menyebar, meradang, bahkan berbekas dan menyebabkan bopeng. Semakin parah, kan ? maka dari itu yuk simak 5 pertolongan pertama saat jerawat pertama kali muncul ini!

1. Cuci muka dulu! Ini berfungsi untuk meyegarkan pori-pori wajah, supaya jerawat nggak makin begah.

2. Jika tiba-tiba muncul kemerahan di wajah dan berpotensi menjadi jerawat, mengompresnya dengan es batu adalah tindakan yang paling tepat. Mengapa demikian ?es batu berfungsi sebagai pengempis alami jerawat, sehingga kemerahannya pun berkurang. Efek dingin yang dihasilkan juga dapat menyegarkan dan mengecilkan pori-pori wajah di sekitar jerawat. Tapi jangan lupa, Cuci dulu tanganmu sebelum menempelkan es batu ke jerawatmu, ya.

  1. Oleskan segera obat jerawat di bagian yang terkena. Ini cara paling ampuh untuk mengempiskan jerawat secara instan, bahkan dalam waktu kurang dari 24 jam. Kandungan salicylic acid dan acne botanical formula yang biasanya terdapat pada gel jerawat ini sangat ampuh untuk membabat habis jerawat.
  2. Gak suka pakai bahan kimia atau alergi ? kalian bisa pakai bahan alami seperti bawang putih atau lidah buaya sebagai penggantinya. Meski tidak seketika sembuh, jerawatmu akan perlahan pudar lengkap dengan bekas-bekasnya yang membandel.Caranya cukup mudah kamu hanya butuh satu buah bawang putih yang telah dicuci bersih atau lendir lidah buaya untuk kemudian dioleskan pada bagian yang berjerawat. Jika dilakukan rutin setiap hari, jerawatmu yang merah dan besar akan berangsur hilang, bahkan enggan untuk kembali lagi berkat kandungan allicin dan organisulfur pada bawang putih. Memakai bahan alami dirasa lebih aman dan tidak menyebabkan ketergantungan.

5. Madu, bahan alami yang juga terkenal sebagai anti radang dan pencegahan bakteri. Madu yang dimaksud adalah madu alami yang sedikit mengandung kadar gula. Oleskan saja pada jerawat yang mulai memerah, lalu basuh pakai air hangat dengan handuk bersih. Lakukan rutin selama 3-5 hari, maka jerawatmu akan kempes dengan sendirinya.

Semoga tips ini dapat membantumu untuk tidak panik saat si jerawat ini datang ya, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *